PERISHABILITY


PERISHABILITY


Perishability merupakan salah satu karakteristik jasa yang memiliki makna tidak tahan lama yang berarti tidak dapat disimpan. Di industri, produk jasa yang bersifat perishability adalah seperti kamar hotel, kursi pesawat, dll. Produk jasa tersebut jika tidak laku dijual, maka tidak akan bisa disimpan. Melainkan kita tidak akan mendapat revenue namun kita tetap harus membayar biaya beban seperti contohnya beban listrik, air dan gaji pegawai dalam kata lain dapat disebut fixed cost.


Berikut strategi yang dapat kita lakukan agar kita dapat memaksimalkan revenue di hotel walaupun produk yang kita jual merupakan jasa yang memilki sifat perishability.




1. Diskon low season
Low season adalah waktu dimana orang – orang berada pada waktu yang sibuk saat bekerja karena jauh dari libur panjang atau biasanya karena cuaca yang kurang mendukung, maka orang – orang kurang memilki keinginan untuk berlibur pada jangka waktu ini. Dengan memberikan diskon pada low season, dapat menarik orang - orang untuk berfikiran untuk berlibur dan menyewa kamar saat low season. Maka dari itu, strategi ini dapat membantu memaksimalkan revenue dan menghindari kerugian biaya fixed cost yang selalu berjalan.

2. Memberikan diskon pada website resmi
Di era digital ini, dapat dikatakan hampir semua pembisnis menggunakan digital marketingnya. Dapat berupa website resmi pribadi, OTA (Online Travel Agent) maupun media lainnya. OTA seperti yang kita tahu merupakan hal yang paling umum bagi orang - orang, dikarenakan sangat user friendly. OTA dikenal mudah untuk digunakan dan dapat dilakukan dengan berbagai macam pembayaran, sehingga sangat mudah dan praktis. Namun sebenarnya untuk pembisnis sendiri, pemesanan yang dilakukan di website resmi lebih menguntungkan dibandingkan harus melalui media lain. Karena secara tidak langsung kita dapat memeberikan promosi lengkap yang memberikan potensi kepada pelanggan baru untuk datang. Memberikan diskon pada website resmi adalah cara terbaik untuk memaksimalkan revenue dan menarik pelanggan baru.

3. Membership strategi
Membership strategi merupakan hal umum yang sudah diketahui banyak orang, membership merupakan suatu strategi dimana perusahaan memberikan penawaran menjadi member kepada pelanggan dengan berbagai macam keuntungan yang dapat pelanggan dapatkan. Umumnya berupa diskon atau poin yang dapat ditukarkan, dan berbagai macam complimentary tergantung tingkat membership yang mereka ambil. Secara tidak langsung, kita menarik para pelanggan untuk menjadi repeater guest yang sangat membantu dalam memaksimalkan revenue.

Comments

Popular posts from this blog

DEFINISI, ELEMEN DAN STRATEGI MARKETING

STARTUP OYO (BISNIS MODEL, STRUKTUR ORGANISASI DAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM MASA PANDEMIK)

INSEPARABILITY