SEMENTING, TARGETING AND POSITIONING
DEFINISI STP (SEGMENTING, TARGETING AND POSITIONING)
Segmenting adalah proses pembagian target pasar yang spesifik
dan teridentifikasi, dilengkap dengan berbagai macam faktor yang menghasilkan
data pelanggan dapat berupa demographic,
psychographic, behavioral dan
geographic.
2. Targeting
Targeting
adalah tahap kedua setelah melakukan proses segmenting.
Targeting dilakukan untuk mengevaluasi
daya tarik yang potensial dan komersial di masing – masing segmen.
3. Positioning
Positioning adalah langkah terakhir
dalam metode ini, positioning adalah dimana kita dapat
menempatkan produk dimana terdapat peluang dikarenakan adanya kecocokan antara produk yang
kita jual dan produk yang berpotensial diinginkan oleh pelanggan melihat dari
berbagai faktor yang telah terdata.
Metode STP ini sangat penting untuk diimplementasikan di dalam industri perhotelan. Dikarenakan metode ini akan memberikan kita target pasar yang cukup akurat yang dihasilkan setelah ketiga proses diatas ini dilakukan. Segmenting akan memberikan kita cukup data mengenai pembagian target pasar yang dapat kita dicakupi. Selanjutnya targeting adalah pengevaluasian masing - masing target pasar yang telah disegmentasi. Lalu positioning akan membuat hotel mengetahui dimana jenis hotel yang cocok untuk dipasarkan sesuai dengan kebutuhan pasar.
Metode STP ini sangat penting untuk diimplementasikan di dalam industri perhotelan. Dikarenakan metode ini akan memberikan kita target pasar yang cukup akurat yang dihasilkan setelah ketiga proses diatas ini dilakukan. Segmenting akan memberikan kita cukup data mengenai pembagian target pasar yang dapat kita dicakupi. Selanjutnya targeting adalah pengevaluasian masing - masing target pasar yang telah disegmentasi. Lalu positioning akan membuat hotel mengetahui dimana jenis hotel yang cocok untuk dipasarkan sesuai dengan kebutuhan pasar.
PERBEDAAN SEGMEN PASAR YANG
DULU DAN YANG SEKARANG
Seiring berkembangnya zaman, era
digitalisasi pun ikut berkembang. Dalam industri perhotelan pun terjadi
perkembangan yang cukup signifikan akibat dunia digital, segmen pasar di industri
perhotelan semakin bertambah karenanya, itulah yang membedakan segmen pasar
yang dulu dan sekarang. Dengan adanya OTA membuat segmen hotel semakin
bervariasi dan semakin luas.
BAGAIMANA CARA HOTEL
MENENTUKAN HARGA UNTUK SEGMEN PASAR YANG SUDAH DIPILIH?
Dalam industri perhotelan tentunya
hotel memilki berbagai segmen yang berbeda, cara menentukan harga yang tepat
adalah dengan menyesuaikan harga dengan kemampuan segmen masing – masing. Produk
yang ditawarkan hotel tentunya ada berbagai macam, tidak hanya jenis produk
yang berbeda, namun hotel dapat menggunakan teknik dynamic pricing dengan value yang sama namun harga yang berbeda. Yang artinya hotel dapat
menjual suatu produk dengan harga yang berbeda yang ditujukan kepada segmen
yang berbeda, demi memaksimalkan penjualan dan meminimalisir lost revenue.
Comments
Post a Comment