SEMENTING, TARGETING AND POSITIONING


DEFINISI STP (SEGMENTING, TARGETING AND POSITIONING)

1.      Segmenting
        Segmenting adalah proses pembagian target pasar yang spesifik dan teridentifikasi, dilengkap dengan berbagai macam faktor yang menghasilkan data pelanggan dapat berupa demographic, psychographic, behavioral dan geographic.

      2.      Targeting
          Targeting adalah tahap kedua setelah melakukan proses segmenting. Targeting dilakukan untuk mengevaluasi daya tarik yang potensial dan komersial di masing – masing segmen.    

      3.      Positioning
        Positioning adalah langkah terakhir dalam metode ini, positioning adalah dimana kita dapat menempatkan produk dimana terdapat peluang dikarenakan adanya kecocokan antara produk yang kita jual dan produk yang berpotensial diinginkan oleh pelanggan melihat dari berbagai faktor yang telah terdata.

          Metode STP ini sangat penting untuk diimplementasikan di dalam industri perhotelan. Dikarenakan metode ini akan memberikan kita target pasar yang cukup akurat yang dihasilkan setelah ketiga proses diatas ini dilakukan. Segmenting akan memberikan kita cukup data mengenai pembagian target pasar yang dapat kita dicakupi. Selanjutnya targeting adalah pengevaluasian masing - masing target pasar yang telah disegmentasi. Lalu positioning akan membuat hotel mengetahui dimana jenis hotel yang cocok untuk dipasarkan sesuai dengan kebutuhan pasar.



PERBEDAAN SEGMEN PASAR YANG DULU DAN YANG SEKARANG


         Seiring berkembangnya zaman, era digitalisasi pun ikut berkembang. Dalam industri perhotelan pun terjadi perkembangan yang cukup signifikan akibat dunia digital, segmen pasar di industri perhotelan semakin bertambah karenanya, itulah yang membedakan segmen pasar yang dulu dan sekarang. Dengan adanya OTA membuat segmen hotel semakin bervariasi dan semakin luas.


BAGAIMANA CARA HOTEL MENENTUKAN HARGA UNTUK SEGMEN PASAR YANG SUDAH DIPILIH?



     Dalam industri perhotelan tentunya hotel memilki berbagai segmen yang berbeda, cara menentukan harga yang tepat adalah dengan menyesuaikan harga dengan kemampuan segmen masing – masing. Produk yang ditawarkan hotel tentunya ada berbagai macam, tidak hanya jenis produk yang berbeda, namun hotel dapat menggunakan teknik dynamic pricing dengan value yang sama namun harga yang berbeda. Yang artinya hotel dapat menjual suatu produk dengan harga yang berbeda yang ditujukan kepada segmen yang berbeda, demi memaksimalkan penjualan dan meminimalisir lost revenue.

Comments

Popular posts from this blog

DEFINISI, ELEMEN DAN STRATEGI MARKETING

STARTUP OYO (BISNIS MODEL, STRUKTUR ORGANISASI DAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM MASA PANDEMIK)

INSEPARABILITY