Perubahan Strategic Visions AccorHotels Setelah Mengakuisisi FRHI



Pada tahun 2016, AccorHotels menjadi pusat perhatian dikarenakan melakukan transaksi yang cukup besar pada masanya. AccorHotels mengakuisisi 3 brand hotel mewah yakni, Fairmont, Raffles, dan Swisshotel dari FRHI. Akuisisi ini menghabiskan biaya senilai US$ 2,9 miliar atau setara dengan Rp 40,4 triliun. 


   
        Daripadanya terdapat beberapa perubahan yang juga AccorHotels lakukan setelah dilakukannya akuisisi tersebut. 

1. Strategic vision :
“Augmented Hospitality — a refined vision of hospitality and the tailor-made services we can provide to a community of customers made up of guests and locals alike”. 

Seperti yang dapat kita lihat diatas, AccorHotels berupaya meningkatkan keramahtamahannya setelah mengakuisisi hotel - hotel mewah FRHI. Tidak hanya berniat memperluas jangkaun segmen dan pasarnya, AccorHotels juga ingin menaikan standar hospitality-nya. 


2. Brand Architecture

·        "Live" encompasses our hospitality brands and encapsulates our vision for hotels as places that provide more than a room to stay and a bed to sleep: that cater to local communities' daily wants and needs, too.

·        "Work" covers the brands catering to growing demand for coworking services.

·        "Play" captures the amazing entertainment opportunities we're providing through our brands—for example including Potel & Chabot, Paris Society, the pioneering SBE group and literally thousands of restaurants and bars in our hotels around the world.

·        "Business accelerator" includes D-edge, Gekko, Resdiary, Very Chic and other brands that are helping our hotel owners and partners to boost their performance and capacity, and to cater to customer expectations at the same time.

AccorHotels melakukan pengelompokan aktivitasnya dalam rangka memperkuat visinya yaitu “Augmented Hospitality” dimana AccorHotels memberikan pelayanan yang lebih dari sebelumnya.


3. Logo

Before





After


Logo AccorHotels yang baru menunjukkan kepemimpinan dan kekuatan perusahaan. Logo tersebut menampilkan simbol Grup - angsa bernache berwarna madu. Burung ini melambangkan semangat kelompok, tekad dan perjalanan. Dan ketika angsa sedang terbang, itu mewakili perhatian terus-menerus kepada orang lain. Ikon angsa Accor terletak di tengah di atas tanda kata dengan warna putih (atau biru, tergantung di mana itu digunakan) font sans serif yang serius dan percaya diri.

Pendapat saya mengenai perubahan yang dilakukan oleh AccorHotels terhadap visi dan strategi barunya adalah adalah visi dan startegi tiap perusahan pun bisa berubah kapan saja tergantung kepada kebutuhan dan prioritas perusahan tersebut. Dari sini dapat saya lihat bahwa AccorHotels melakukan perubahannya sebagai bentuk penyesuaian dengan adanya upaya penambahan segmen yaitu luxury dan ambisinya untuk meningkatkan standar hospitality-nya.

Maka dari itu dapat saya simpulkan bahwa alasan AccorHotels mengubah strategic vision-nya adalah AccorHotels ingin meng-upscale bisnisnya dengan menambah segmen baru yaitu luxury yang mereka percaya kalau itu merupakan kesempatan yang baik dalam memperluas jangkaun mereka dan akan memberikan keuntungan yang lebih baik.

Sumber :

https://marketeers.com/alasan-accorhotels-akuisisi-jaringan-hotel-fairmont-dan-raffles/#:~:text=Perusahaan%20jaringan%20hotel%20asal%20Prancis,setara%20Rp%2040%2C4%20triliun.

https://group.accor.com/en/Actualites/2019/03/all-accor-live-limitless-lifestyle-loyalty-program

https://1000logos.net/accor-logo/


        

Comments

Popular posts from this blog

DEFINISI, ELEMEN DAN STRATEGI MARKETING

STARTUP OYO (BISNIS MODEL, STRUKTUR ORGANISASI DAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM MASA PANDEMIK)

INSEPARABILITY